Wednesday, July 22, 2020

Resep cara membuat ayam rica-rica

Halo semua, kali ini aku akan bikin ayam rica-rica yang enak ,lezat ,pedes dan gurih,pokoknya untuk kalian yang suka pedas kalian wajib cobain ayam rica-rica ini. Rica atau terkadang disebut rica-rica adalah sejenis bumbu pedas yang diadopsi dari masakan khas Manado dari Sulawesi Utara, Indonesia. Rica-Rica banyak menggunakan potongan cabai, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, jahe, gula dan garam. Pada masakan Manado, semua hampir jenis olahan daging, unggas, ikan laut dan ikan air tawar dapat dibuat menjadi masakan rica-rica hidangan, namun ayam rica-rica  yang paling populer disana. Kalau kalian ingin tahu cara membuatnya dan apa saja bahan bahanya, ikuti terus step stepnya sampai selesai ya.


Siapkan daftar bahan bahan yang diperlukan untuk membuat ayam rica rica:

Bahan 1:

600 gram daging ayam,

½ sendok teh garam

½ sendok teh kunyit bubuk

 

 Bahan 2:

5 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 butir kemiri

1 ruas jari jahe

15 buah cabe kriting merah

6 buah cabe rawit merah

Daun kemangi secukupnya

4 lembar daun bawang

2 lembar daun salam

1 batang sereh (jangan lupa digeprek)

Lengkuas

2 lembar daun jeruk

1 sendok teh garam

1 sendok teh kaldu ayam bubuk

2 sendok teh gula pasir

 

untuk membuat ayam rica rica langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengolah ayam terlebih dahulu dengan mencampur 600 gram daging ayam bersama garam dan bubuk kun.yit masing masing ½ sendok teh ,aduk aduk agar daging ayam ,garam ,bubuk kunyit tercampur rata. Setelah tercampur rata diamkan selama kurang lebih 20 menit ,agar bumbunya meresap pada daging ayamnya.

Panaskan wajan dan beri minyak sayur,untuk menggoreng daging ayam yang sebelumnya sudah didiamkan selama 20 menit .Goreng ayam sampai matang tapi jangan sampai tekstur ayam terlalu kering. Setelah digoreng matang lalu angkat dan tiriskan.

Untuk menyiapakan bumbu ayam rica rica perlu diperhatikan bahwa bumbu yang disiapakn dengan cara diblender ,tekstur bumbu jangan terlalu halus (agak kasar). Tapi ada juga bumbu yang benar benar kita harus blender halus yaitu kemiri dan jahe. Lakukan bertahap untuk menyiapkan bumbu rica ayam ini, pertama haluskan jahe dan kemiri menggunakan blender jangan lupa beri sedikit air agar mudah dalam proses blendernya, blender kemiri dan jahe sampai halus. Setelah itu masukkan cabe keriting merah, bawang merah,  bawang putih  dan sedikit air, kemudian blender lagi semua bahannya tapi jangan terlalu halus (agak kasar).

Panaskan minyak dan tumis bumbu rica yang diblender tadi, tumis dalam  satu wajan tambahkan daun salam, sereh, lengkuas dan daun jeruk (jangan lupa sobek daun jeruk dulu agar wangi), tumis bumbu hingga matang dan tanak ya. Setelah bumbu matang dan tanak, masukkan air kurang lebih 500 ml,  lalu masukkan ayam yang sudah digoreng tadi, aduk aduk agar tercampur rata, masukkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula pasir lalu aduk aduk lagi. Masak daging ayamnya hingga benar benar matang hingga air (kuahnya) menyusut, sehingga bumbunya meresap ke daging ayamnya, sesekali aduk agar matangnya merata.

Setelah air atau kuahnya agak menyusut dan bumbunya sudah meresap ke dalam ayamnya, jangan lupa masukan daun bawang dan daun kemanginya. Setelah itu aduk hingga matangnya merata, ketika daun bawang dan daun kemangi dimasukkan lalu matikan kompor, jangan terlalu lama dipanaskan  agar daun kemangi masih terlihat segar. Setelah itu angkat olahan ayam rica-rica yang kita buat tadi keatas piring dan sajikan.

Nah demikian bahan bahan dan langkah cara membuat ayam rica-rica, semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi, Terimakasih.  

No comments:

Post a Comment